Fitur yang Tak Dimiliki Smartphone 10 Tahun Lalu

Informasi Harga Handphone 2015 - Feature phone menjadi produk yang populer 10 tahun lalu dibandingkan smartphone. Hingga, smartphone pada 2013 berhasil melampaui penjualan feature phone.

Selain menjadi minoritas, smartphone yang muncul di 2005 sangat berbeda dari sisi spesifikasi dibanding smartphone yang beredar saat ini. Desain dan fitur-fitur yang digunakan smartphone pada 2005 membuat smartphone terlihat kuno saat ini.

Meskipun beberapa smartphone pada satu dekade lalu itu diklaim bagus, mereka memiliki keterbatasan jika dibanding PC. Sementara sekarang, garis antara smartphone dan PC menjadi kabur. Tingginya resolusi, chipset yang kuat, dan kapasitas memori yang besar, memungkinkan smartphone saat ini menawarkan seperti apa yang ditawarkan PC.

Fitur yang Tak Dimiliki Smartphone 10 Tahun Lalu

Sehingga hal tersebut menarik untuk diketahui beberapa hal yang tidak mampu dilakukan smartphone 10 tahun lalu. Berikut fitur yang tak dimiliki smartphone 10 tahun lalu, sebagaimana dilansir Phone Arena, Selasa (28/4/2015).

Layar Multi-touch

Fitur yang tak dimiliki smartphone 10 tahun lalu itu adalah layar multi-touch. Saat ini sangat sulit membayangkan smartphone tanpa layar touchscreen. Tapi sebagian besar dari model smartphone 10 tahun lalu layarnya menampilkan layar sentuh yang kurang sensitif, sehingga Anda harus menggunakan hardware keys dan tombol agar dapat menjalankan ponsel.

Smartphone yang memiliki layar touchscreen pada 2005 menawarkan panel sentuh resistif yang tidak ramah jari dan tidak mendukung multi-touch. Barulah pada 2007 Apple iPhone menjadi yang pertama mendukung layar multi-touch.

Kamera Smartphone

Kualitas foto dan video pada kamera smartphone telah berkembang pesat dalam satu dekade terakhir. Kembali pada 2005, kamera smartphone terbaik yang dapat ditemui berasal dari Nokia. Hal tersebut dapat terlihat pada handset garapannya Nokia N90 dan Nokia N70 berbasis Symbian.

Kedua ponsel tersebut dibekali sensor kamera 2 megapiksel yang menghasilkan foto dengan 1.600 x 1.200 piksel dan video beresolusi 352 x 288 piksel yang cocok untuk menembak gambar.

Data Seluler yang Cepat

Ketika 3G tersedia pada 2005, jaringan tersebut sangat terbatas untuk CDMA2000 dan UMTS, yang tidak bisa menawarkan transfer data dengan kecepatan tinggi dari beberapa megabits per detik. Sementara handset berkemampuan HSDPA pertama dimiliki oleh Samsung yakni Samsung SCH-W2000 yang keluar pada 2006.

Memori Internal yang Memadai


Fitur yang tak dimiliki smartphone 10 tahun lalu ialah memori internal yang memadai. Pada 2005, memiliki ruang penyimpanan lebih dari 1GB merupakan sesuatu yang mustahil. Sebagian besar pengguna smartphone harus puas dengan storage 128MB. Pada saat yang sama, memory cards hanya menyediakan kapasitas megabyte.


No comments:

Post a Comment