Vivo X5 Pro, Ponsel Tipis dengan Performa Mumpuni

HargaHpTerbaru.co - Vivo, brand ponsel asal China menampilkan seri X5 Pro yang tampil dengan desain bodi tipis. Hadir dengan ketipisan 6,4 mm, smartphone dengan layar 5,2 inci itu memiliki ketangguhan dari sisi hardware.

Terbukti, smartphone dengan Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 (Octa-core) itu cukup mumpuni saat memainkan game 3D seperti Mortal Kombat X dan Clash of Clans. Handset tersebut juga didukung dengan RAM 2 GB agar kinerja smartphone semakin mulus.


Vivo X5 Pro, Ponsel Tipis dengan Performa Mumpuni

Desain


Vivo X5 Pro menghadirkan desain bodi layar datar (non-curved) dengan teknologi Corning Gorilla Glass 3, yang diklaim anti gores. Ponsel yang agak mirip dengan iPhone 6 ini mengusung warna putih dengan sentuhan lis perak di bagian tepinya.

Bagian punggung handset mengadopsi material mengkilap dan kokoh, memberikan kesan mewah dengan logo khas Vivo bergaya teks vertikal. Terdapat kamera beserta lampu flash di pojok kiri atas.

Sedangkan untuk bagian bawah, terlihat dua buah speaker yang mengapit satu port microUSB. Pada bagian sisi atas, terdapat port audio jack 3.5mm dan di bagian sisi kiri handset, pengguna bisa menemukan pengaturan tombol volume, tombol power serta port SIM 1 serta SIM 2 (tergabung).

Fitur

Vivo X5 Pro memiliki beberapa fitur bawaan yang disematkan dalam perangkat. Berkat dukungan sensor canggih, fitur ini dihadirkan seperti Smart Motion, Multitask Window, One-handed serta Super Screenshot.

Khusus untuk fitur Super Screenshot, fitur ini memungkinkan pengguna mengabadikan apa yang tertampil di layar dalam beberapa modus. Vivo menyediakan modus Screenshot untuk layar penuh, layar sebagian, Screen Recording atau Funny Screenshot.

Fitur Screenshot tersebut bisa dimunculkan dengan mengakses icon S-capture, di mana pengguna harus memunculkan menu dengan cara menyentuh dan menggeser dari bawah layar ke atas. Dengan demikian, mengabadikan gambar di layar (screenshot) menjadi sedikit merepotkan.

Meskipun pengguna dimudahkan untuk menciptakan variasi layar screenshot yang beragam, namun Vivo X5 Pro tidak seperti smartphone Android lain, yakni tidak dapat mengaktifkan screenshot dengan cara menekan tombol power dan tombol volume (-) secara bersamaan.

Sedangkan untuk fitur Multitask Windows, fitur ini berguna bila pengguna ingin membuka jendela baru untuk video, notes, musik atau membuka kotak masuk (inbox). Untuk fitur One-handed, fitur tersebut berguna untuk mengecilkan tampilan jendela, sehingga pengguna bisa dengan mudah mengoperasikan Vivo X5 Pro menggunakan satu tangan.

Pada fitur Smart Motion, Vivo X5 Pro menampilkan fitur Smart Wake, yang memungkinkan pengguna membuka ponsel dengan cara menggeser layar. Selain itu, ada opsi membangunkan ponsel sekaligus membuka aplikasi dengan cepat, yakni dengan menyentuh layar dan menggerakan jari mengikuti pola huruf tertentu.

Kamera


Vivo X5 Pro dilengkapi kamera 13 MP dengan resolusi 4.128 x 3.096 piksel. Tidak hanya itu, kamera juga dilengkapi fitur LED flash, serta autofokus. Untuk video, handset dapat diatur untuk menangkap video dalam resolusi FHD (1080p), HD (720p) serta SD (480p).

Uniknya, Vivo X5 Pro menghadirkan fitur Funny video, dengan pilihan Fast dan Slow. Untuk modus Fast, handset dapat merekam gambar dengan modus gerakan fast-motion dan modus lambat untuk gerakan Slow-Motion.

Sementara untuk kamera depan, Vivo mengandalkan kekuatan tembak 8 MP untuk para penggemar selfie. Saat kamera depan diaktifkan, smartphone bisa menghadirkan modus beauty serta Funny (menerapkan filter pada tangkapan foto).

Performa


Saat menjalankan game 3D, Vivo X5 Pro cukup dapat diandalkan dengan GPU Adreno 405. Smartphone dengan RAM 2GB itu juga terbilang cukup mumpuni untuk menjalankan game Mortal Kombat X, Clash of Clans serta Asphalt 8: Airborne.

Seperti apa ketangguhan hardware Vivo X5 Pro juga dapat dilihat dari tes benchmark. Pada pengujian AnTuTu, Vivo X5 Pro menampilkan skor 31.048, berada di atas skor HTC One dan Xiaomi Redmi Note, namun masih di bawah skor LG G3 dan Google Nexus 5.

Sedangkan pada pengujian benchmark Quadrant, handset dengan kapasitas baterai 2450 mAh itu menampilkan skor 11.239. Skor tersebut cukup tinggi dan mampu menjalankan game 3D dengan mulus.

Di balik ketangguhan-ketangguhan Vivo X5 Pro, handset ini tidak dilengkapi memori eksternal untuk penyimpanan ekstra. Selain itu, desain unibody pada Vivo X5 Pro cukup menyulitkan saat pengguna harus memasukkan SIM Card, karena memerlukan semacam alat atau jarum untuk mengeluarkan tray.

Vivo X5 Pro dengan baterai 2450 mAh juga dirasa kurang, sebab handset cenderung cepat kehabisan daya dalam pemakaian normal sehari-hari. Terlebih, handset ini mendukung jaringan 4G LTE yang memungkinkan penggunaan streaming video yang mulus serta browsing dengan internet berkecepatan tinggi.

Kelebihan

- Fitur unik pada kamera, screenshot dan Smart motion.

- Performa hardware mumpuni untuk bermain game 3D

- Kamera menghasilkan tangkapan gambar yang tajam

Kekurangan


- Tidak tersedia storage eksternal

- Screenshot yang tidak simpel

- Kapasitas baterai yang rendah

No comments:

Post a Comment