iPhone 6 vs Galaxy S6 vs One M9, Siapa Juaranya?

Informasi Harga Handphone 2015 kali ini berbagi kumpulan daftar harga smartphone, handphone dan tablet berbagai type terbaru di bulan Maret 2015 untuk anda yang sedang mencari harga smartphone, handphone dan tablet terbaru bulan ini, harga hp ini kami dapat dari berbagai sumber toko online terpercaya di indonesia.

Kami akan selalu update daftar harga smartphone, handphone dan tablet, kami juga akan memberikan berita terbaru seputar gadget lengkap.

Berikut daftar harga smartphone, handphone dan tablet yang banyak dicari menurut hasil pencarian di blog ini,

harga hp 2015, harga hp samsung, harga hp blackberry, harga hp cross, harga hp nokia, daftar harga hp, harga hp sony ericsson, harga hp terbaru, harga laptop, harga handphone samsung, harga handphone 2015, harga handphone, handphone samsung harga, harga harga handphone, harga handphone bekas, handphone dan harga, handphone harga, harga handphone xiaomi, harga handphone terbaru, handphone terbaru, harga handphone samsung terbaru, handphone keluaran terbaru, info harga handphone terbaru, harga terbaru handphone, handphone hp terbaru, informasi handphone terbaru.


iPhone 6 vs Galaxy S6 vs One M9, Siapa Juaranya?

Membandingkan kualitas bodi ponsel flagship buatan Apple, HTC dan Samsung selama dua tahun ke belakang terasa tak adil, jika Apple dan HTC memakai bahan metal yang terasa mewah, Samsung masih mengandalkan casing belakang berbahan plastik yang terkesan murahan.

Namun itu berubah sejak Samsung merilis Galaxy Note 4, di mana pabrikan asal Korea Selatan itu mulai memakai bahan metal di bodi ponselnya. Begitu pun dengan Galaxy S6, yang baru saja diluncurkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2015.

Namun membandingkan ponsel tentu tak melulu membahas kualitas bodi. Ada aspek lain yang juga lebih penting, seperti layar, prosesor, dan lainnya. Seperti apa perbandingan antara Apple iPhone 6, HTC One M9 dan Samsung Galaxy S6?

Desain

Tak seperti Galaxy S4 dan S5 yang masih menggunakan material plastik sebagai penutup casing belakang, Samsung memakai panel kaca Gorilla Glass 4 sebagai penutup layar dan casing belakang.

Itu diperkuat dengan rangka berbahan alumunium yang diklaim sangat kuat, dan tak akan bisa bengkok. Sementara iPhone 6 dan One M9 menggunakan casing belakang berbahan alumunium yang terkesan sangat mewah.

Dari ketiga ponsel tersebut, hanya iPhone 6 dan Galaxy S6 yang masih menggunakan tombol fisik di bawah layarnya. Bukan tanpa alasan, tombol itu punya fungsi ganda. Selain sebagai tombol home, juga menjadi tempat sensor sidik jari bersemayam.

Singkat kata, ketiga ponsel tersebut menawarkan desain yang sangat berkualitas tinggi. Namun tak bisa dipungkiri, kualitas bahan yang dipakai Apple belum bisa disaingi oleh semua kompetitornya. Bahkan oleh pabrikan yang sudah berulang kali memakai material alumunium, seperti HTC.

Dari ketiga ponsel tersebut, hanya iPhone 6 dan Galaxy S6 yang masih menggunakan tombol fisik di bawah layarnya. Bukan tanpa alasan, tombol itu punya fungsi ganda. Selain sebagai tombol home, juga menjadi tempat sensor sidik jari bersemayam.

Layar

Di bagian ini, Samsung bisa mengalahkan kepadatan pixel dari kedua ponsel pesaingnya itu. Dengan layar Super AMOLED 5,1 inch beresolusi 1.440 x 2.560 pixel, kepadatan pixel layar Galaxy S6 mencapai 576 ppi.

Sementara HTC One M9 masih mengandalkan layar 5 inch beresolusi full HD atau 1.080 x 1.920 pixel. Artinya kepadatan pixelnya 441 ppi. Dan resolusi layar 4,7 inch yang dipakai iPhone 6 jauh lebih kecil lagi, yaitu 750 x 1.334 pixel, kepadatan pixelnya hanya 326 ppi.

Namun tentu kualitas layar tak cuma dinilai dari jumlah kepadatan pixelnya. Kemampuannya dalam mereproduksi warna dan tingkat kecerahan pun turut andil. Dan di aspek ini iPhone 6-lah pemenangnya.

Prosesor dan Memori

Sulit untuk membandingkan spesifikasi antara ponsel berbasis Android dan iOS. Spek di atas kertas ponsel Android tentu akan berada jauh di atas iPhone. Begitu juga halnya dengan Galaxy S6, One M9 dan iPhone 6.

Meski tak menyebut jenis prosesornya secara detail, Samsung jelas memakai prosesor Exynos octa core 64 bit di Galaxy S6. Prosesor dengan fabrikasi 14nm ini terdiri dari 4 core berkecepatan 2,1 Ghz, dan 4 core berkecepatan 1,5 Ghz. RAM-nya berkapasitas 3GB bertipe LPDDR4.

Tak mau kalah, HTC juga membenamkan prosesor Qualcomm yang terkencang saat ini, yaitu Snapdragon 810. Prosesor ini telah berteknologi octa core dan juga sudah mendukung komputasi 64 bit. Sebagai penopang performanya, HTC membekali One M9 dengan RAM yang punya besaran 3 GB.

Dan seperti tertulis di atas, iPhone 6 mempunyai spek paling rendah. Prosesor dual core-nya hanya berkecepatan 1,4 Ghz, dengan RAM sebesar 1 GB. Namun dengan optimasi software dan OS yang lebih ringan, performanya tentu sangat bisa bersaing dengan Galaxy S6 dan One M9.

Kamera

Galaxy S6 masih menggunakan kamera 16 megapixel sebagai kamera belakang. Sepintas terlihat sama dengan pendahulunya, Galaxy S5, tapi ternyata tidak. Kamera di Galaxy S6 dilengkapi optical image stabilization (OIS) dengan bukaan diafragma yang lebih besar, yaitu f/1,9. Artinya, Galaxy S6 akan bisa menangkap lebih banyak cahaya karena punya bukaan diafragma yang lebih besar.

Sementara HTC mengganti kamera UltraPixel dan memilih kamera 20 megapixel untuk kamera belakang. Sensor itu memakai teknologi BackSide Iluminated (BSI) yang dikombinasikan dengan bukaan f/2,2. Kamera ini diklaim oleh HTC bisa menyaingi kemampuan kamera DSLR.

Sementara iPhone 6 lagi-lagi ada di posisi paling bawah dalam komparasi ini. Kameranya hanya 8 megapixel, bukan resolusi yang wah untuk sebuah ponsel berharga di atas Rp 10 juta.

Untungnya kualitas gambar yang mampu dihasilkannya terbilang yang terbaik dibanding kamera ponsel lain. Ia bisa mereproduksi warna dengan sangat baik serta terbilang sangat responsif dalam mengambil gambar.


Baterai

Dengan baterai berkapasitas 2.550 mAh, Samsung Galaxy S6 diklaim mampu bertahan dipakai berselancar di dunia maya dengan jaringan LTE selama 11 jam. Sementara baterai 1.810 mAh di iPhone 6 punya 14 jam waktu bicara di jaringan 3G.

Dan One M9 punya baterai paling besar dibanding yang lain, yaitu 2.830 mAh. Tak jelas berapa lama baterai itu bisa bertahan, namun seharusnya akan bisa dipakai selama seharian, sebelum baterainya habis.





 

No comments:

Post a Comment