Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Istirahatkan Gadget Lama

Informasi Harga Handphone 2015 - Beberapa orang terkadang pusing memikirkan apa yang harus dilakukan dengan gadget lamanya. Hal itu terutama saat mereka sudah menemukan penggantinya.

Ada yang berpikir ingin memberikan gadget lamanya kepada orang lain atau bahkan ada yang berpikir ingin menjual atau menyimpannya.

Tapi, tunggu dulu. Sebelum mengistirahatkan gadget lama milik Anda, ada hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini hal yang perlu dilakukan sebelum istirahatkan gadget lama Anda, sebagaimana dilansir YahooTech, Minggu (26/4/2015).

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Istirahatkan Gadget Lama

Back-up Data

Sebelum mengistirahatkan gadget lama, hal yang sebaiknya dilakukan ialah memastikan telah menyalin data yang ada. Terutama, informasi yang sulit atau tidak mungkin menggantinya, seperti foto, video, dan kontak.

Hapus Data Diri

Salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum mengistirahatkan gadget lama ialah dengan menghapus data diri Anda. Jangan beransumsi jika orang yang menggunakan gadget lama Anda selanjutnya akan menghapus data diri tersebut. Pasalnya, hal tersebut bisa memicu pencurian identitas Anda.

Hancurkan Data

Jika Anda berencana menyumbangkan atau menjual barang elektronik tersebut, lebih baik menghancurkan setiap bagian perangkat yang berisi data Anda. Sebagai contoh, jika laptop hilang power supply-nya, sehingga tidak ada cara untuk menyalakannya dan menghapus disk, bisa juga menghancurkan hard drive. Hal tersebut merupakan cara untuk melindungi data pribadi.


No comments:

Post a Comment